1.050 Siswa RA Kota Banjar Ikuti Peragaan Manasik Haji

Senin, 18 September 2023
Penulis: Kota Banjar

38 kali dilihat

44 kali dibagikan

no image

Banjar (HUMAS Kota Banjar)

Sejumlah 1.050 siswa Raudhatul Athfal (RA) se-Kota Banjar memadati lapangan Taman Kota Banjar mengikuti kegiatan peragaan manasik haji yang diselenggarakan oleh Pimpinan Daerah Ikatan Guru Raudhatul Athfal (PD IGRA) Kota Banjar pada hari Senin (18/9/2023). Peragaan manasik RA dibuka oleh Wakil Walikota Banjar, H. Nana Suryana. didampingi Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Banjar, H. Hamzah Rukmana, beserta pejabat Kantor Kemenag lainnya dan Ketua MUI Kota Banjar.

Wakil Walikota Banjar dalam kesempatannya menyampaikan apresiasi kepada IGRA Kota Banjar atas terlaksananya kegiatan peragaan manasik bagi siswa RA. Menurutnya, siswa usia RA diibaratkan selembar kertas putih kosong, sehingga apapun nanti yang akan digoreskan pada kertas tersebut akan melekat dan akan terus teringat sampai mereka beranjak dewasa.

“Ketika hari ini mereka diberikan pendidikan tentang peragaan manasik haji, ini merupakan pendidikan dan bekal yang positif. Karena dalam peragaan manasik ini banyak sekali pendidikan yang ditanamkan kepada mereka diantaranya adalah melatih kesabaran, saling menghargai dan berbagi terhadap sesama,” ujar Nana.

Lebih lanjut Nana Suryana berharap, para generasi Kota Banjar nantinya selain memiliki kecerdasan intelektual, juga bisa memiliki akhlak yang baik, karena mereka ini adalah generasi yang akan menjadi penerus bangsa dan Negara.

Sementara itu Kepala Kankemenag Kota Banjar, H. Hamzah Rukmana, dalam sambutannya mengungkapkan kegiatan peragaan manasik haji merupakan pembelajaran menunaikan rukun islam yang kelima. Banyak pelajaran positif yang bisa diambil dari kegiatan ini yang akan menguatkan serta menambah keimanan dan ketaqwaan.

“Peragaan manasik haji merupakan salah satu kegiatan dalam upaya penguatan moral, aqidah, serta pengetahuan rangkaian pelaksanaan ibadah haji yang ditanamkan sejak dini kepada siswa RA. Mudah-mudahan kegiatan ini akan memberikan motivasi untuk semuanya termasuk para orang tua siswa RA untuk melaksanakan rukun islam yang kelima yakni  ibadah haji,” Ungkap Hamzah.

Pada kesempatan yang sama, Ketua PD. IGRA Kota Banjar, Nikmatul Munfarihah didampingi ketua panitia pelaksana, Ella Nurlaela menjelaskan, kegiatan peragaan manasik haji diikuti seluruh lembaga RA yang ada di Kota Banjar dan sudah menjadi agenda rutin tahunan.

“Tahun ini adalah peragaam manasik haji ke-20, kami mengahaturkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung kegiatan ini sehingga pelaksanaannya dapat berjalan dengan lancar,”kata Nikmah.

 

Kontributor : Aep Saepulloh

Editor: Ani